BIDAN TANGGUH, BERKARAKTER, DAN BERETIKA

Bidan tangguh , berkarakter, dan beretika adalah tema yang diusung pada Seminar Psikologi yang diselenggarakan pada tanggal 21 September 2018. Seminar yang diadakan di Aula Akademi Kebidanan Kartini Bali ini merupakan kegiatan Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM). Ibu Dra. Retno IG Kusuma, M.Kes., Psikolog menjadi narasumber pada kesempatan kali ini.

Acara seminar dibuka dengan laporan dari ketua panitia Putu Emmy Lovita Dewi. Emmy menyebutkan bahwa seminar ini merupakan salah satu program IKM dengan jumlah peserta 222 mahasiswa Akademi Kebidanan Kartini Bali. Direktur, Ibu Ni Gusti Ayu Martha Winingsih, S.ST., M.Kes yang diwakilkan oleh Waki Direktur I Akademi Kebidanan Kartini Bali memberi sambutan sekaligus membuka Acara Seminar Psikoligi ini. Pada sambutannya Ibu Dr. Ketut Novia Arini, S.ST., M.Kes mengatakan bahwa etika dan kharakter sangat penting dimiliki oleh seorang Bidan. “Semua Bidan tentunya dapat menolong persalinan, namun apakah semua Bidan mampu tetap tersenyum ramah setelah tidak tidur dua malam?” kata Beliau dalam sambutannya. Beliau menambahkan untuk tetap bertahan  dalam era globalisasi ini Bidan dituntut bukan hanya memiliki skill dan pengetahuan namun juga etika dan kharakter yang tangguh.

Ibu Retno yang bekerja di RSUP Sanglah berhasil mencuri perhatian peserta seminar dengan teknik berceramah yang fun. Psikolog lulusan Universitas Gajah Mada ini mengatakan bahwa sumber energi pada setiap orang berasal dari wajah yaitu dengan senyum. Memberi senyuman pada orang lain dapat mentransfer energi positif yang merupakan kunci kebahagiaan. Ibu Retno juga memberi trik untuk menjadi pribadi yang tangguh yang dibutuhkan adalah CINTA yang merupakan akronim dari creativity, integrity, nurture, tact, dan abudance. Nilai kepemimpinan berasal dari diri sendiri yang akan berkelanjutan seumur hidup dan kerja yang tidak akan berakhir. Live with the 3 E’s (Energy, Enthusiasm, and Empathy) and the 3 F’s (Faith, Family, and Friends) adalah pesan yang sampaikan Ibu Retno sebelum menutup seminar pada hari Jumat siang itu.

IMG_4035 IMG_3987 IMG_3985