PERAYAAN HARI RAYA SARASWATI DI POLITEKNIK KESEHATAN KARTINI BALI

Hari turunnya ilmu pengetahuan suci yang jatuh setiap Saniscara Umanis Watugunung atau sering dikenal dengan Hari Raya Saraswati, merupakan hari raya yang “identik” dengan para pelajar dimana tugas mereka adalah menuntut ilmu pengetahuan. Pada hari raya ini para pelajar merayakannya dengan membuat gebogan buah dan melakukan persembahyangan bersama. Begitu pula dengan Politeknik Kesehatan Kartini Bali yang turut merayakan Hari Raya tersebut dengan beberapa perlombaan yang erat kaitannya dengan budaya Hari Saraswati.

Lomba-lomba yang diadakan adalah lomba membuat gebogan buah, lomba membuat canang sari dan lomba membuat kwangen yang dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Mei 2019. Semua lomba tersebut diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari semester II, IV dan VI. Dimana masing-masing semester mengirimkan dua kelompok sebagai perwakilannya. Ditunjuk sebagai juri yaitu dari perwakilan dosen dan Yayasan Politeknik Kesehatan Kartini Bali. Kriteria penilaian merujuk pada penggunaan bahan, buah-buahan yang diutamakan penggunaan buah lokal. Selain itu dinilai juga kesesuaian komponen canang sari dan kwangen yang dibuat sesuai dengan filosofi agama Hindu.

Sabtu, 11 Mei 2019 diadakan persembahyangan bersama seluruh civitas Politeknik Kesehatan Kartini Bali untuk merayakan Hari Saraswati.

Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba gebogan, kwangen dan canang sari. Adapun yang menjadi juara I lomba membuat gebogan yaitu semester VI A, juara II dari semester II A dan juara III dari semester VI B. Lomba membuat kwangen dimenangkan oleh semester II A, juara II oleh VI A, dan juara III dari semester VI B. Pada lomba membuat canang sari dimenangkan oleh semester VI B, juara II dari semester VI A dan juara III dari semester II B.