Shared Learning Experience ; Bidan Bali di Darwin, Northern Territory Australia 2017

1514965786718 1514965783927 1514965310961

Akademi Kebidanan Kartini Bali telah menjalin kerjasama dengan Charles Darwin University (CDU) sejak tahun 2015 dalam bidang pertukaran mahasiswa dan Ilmu pengetahuan termasuk kebudayaan.

Kunjungan Akademi Kebidanan Kartini Bali ke Darwin, Northern Territory,  berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 22 – 26 November 2017 dengan membawa 11 peserta yang terdri dari : 4 orang mahasiswa, dan 5 orang dosen dan 2 orang yayasan.

Banyak pengalaman yang di dapatkan selama di Darwin, mulai dari kunjungan ke Royal Darwin Hospital untuk melihat Simulasi praktek kebidanan bersama bidan dan mahasiswa CDU. Kunjungan selanjutnya dilakukan ke kampus Charles Darwin University jurusan Kebidanan untuk pengajaran dan simulasi kebidanan serta jamuan ke Parliament house untuk bertemu dengan Mentri Kesehatan yang ada di Darwin. Selain mengenal tentang kebidanan yang ada di Darwin, kami juga diperkenalkan dengan kebudayaan suku asli di Australia, yaitu suku Aborigin serta terkait masalah kesehatannya.

Dosen di Akademi Kebidanan Kartini Bali juga berkesempatan untuk menjadi salah satu Pemakalah dalam Seminar International yang diadakan oleh Charles Darwin University yang diwakili oleh Dr. Ketut Novia Arini,S.ST,M.Kes dan Ni Wayan Sukma Adnyani,S.ST,M.Kes dalam presentasi oral penelitian kebidanan.

Ibu Wayan Suri selaku sekertaris yayasan Kartini Bali mengatakan, para peserta selain mengikuti tur dan pelatihan di CDU, Royal Darwin Hospital dan pusat penitipan anak setempat selama perjalanan lima hari mereka. Kami juga bertemu dengan Bali Comunity Darwin dan dijamu untuk makan malam dengan menu makanan khas Bali. Sambutan hangat yang diberikan oleh Bidan dan Staff yang ada di Darwin membuat pengalaman ini menjadi sangat berharga.

Adanya kerjasama kedua Negara ini diharapkan membentuk bidan yang berkualitas dan mahir untuk mengeksplorasi persamaan dan perbedaan antara praktik kebidanan di Australia dan Indonesia khusunya di Bali, meningkatkan keterampilan klinis serta pemikiran kritis mereka.

Adapun perbedaan pelayanan kebidanan di Darwin dan di Bali yaitu “Di Bali, bidan bekerja pada berbagai hal, mulai dari kesehatan wanita dan keluarga berencana, hingga perawatan kesehatan anak sampai usia lima tahun, sementara bidan Australia berdedikasi pada perawatan kesehatan pra-kelahiran dan perorangan yang lebih spesifik.

“Pengalaman ini sangat menarik ; Kami bersyukur kepada semua pihak dari CDU yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan kami berharap kedepannya kerjasama ini akan lebih baik dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak “