Sosialisasi GEMA CERMAT di Akademi Kebidanan Kartini Bali

Seiring dengan banyaknya masyarakat yang masih kurang memahami aturan penggunaan obat-obat khususnya pada saat sakit, maka Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersama Dinas Kesehatan Kota Denpasar melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT). Tujuan dari sosialisasi GEMA CERMAT ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat yang benar dan meningkatnya kemandirian dan perubahan prilaku masyarakat dalam penggunaan obat secara benar serta meningkatnya penggunaan obat rasional.

Sosialisasi GEMA CERMAT ini diadakan di Akademi Kebidanan Kartini tanggal 29 November yang diikuti oleh 63 orang peserta yang terdiri dari Dosen, Staff dan Mahasiswa semester I dan semester V Akademi Kebidanan Kartini Bali. Materi yang disampaikan antara lain : Latar belakang diadakannya sosialisasi GEMA CERMAT, Penggunaan Obat Rasional (POR), DAGUSIBU (cara mendapatkan obat yang benar, cara menggunakan obat yang benar, cara menyimpan obat yang benar, dan cara membuang obat yang benar), serta penggunaan antibiotik yang benar.

Sosialisasi yang berlangsung sekitar 3 jam diisi dengan pemaparan materi dan praktik. Para peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan materi dari para narasumber. Setelah pemaparan materi diadakan praktik dengan metode CBIA dengan fasilitator/tutornya adalah apoteker AoC (Agent of Change) yang telah diberikan pembekalan sebelumnya. Para peserta dibagikan obat – obatan yang dibawa oleh para AoC dengan tujuan akhir para peserta dapat memahami zat aktif dari kandungan obat tersebut, dosis, efek samping serta siapa saja yang bisa mengkonsumsi obat tersebut.